Foto : google.co.id

Dubsmash : Meme Video

Foto : google.co.id

Foto : google.co.id

Hadirnya gadget yang dilengkapi dengan kamera sekelas kamera digital dan aplikasi pengunggah foto membuat selfie menjadi aktivitas yang popular di antara warga dunia maya. Di Instagram hastag ‘selfie’ adalah salah satu yang popular. Selfie bukan hanya membuat netizen berlomba untuk mengunggah fotonya di Instagram melainkan juga merubah perilaku orang dalam berfoto diri. Trend selfie membuat orang tak lagi jaim atau memilih pose terbaik dalam berfoto. Bukan hanya gadis-gadis yang berlomba memonyongkan bibir ketika berfoto selfie, jejaka-jejaka pun ternyata tak malu-malu juga untuk ikutan ‘bermuka jelek’.

Sejalan dengan waktu, foto selfie bahkan berkembang ke arah selfie ekstrim. Selfie bukan hanya di tempat biasa-biasa saja melainkan di tempat-tempat yang berbahaya atau membahayakan diri. Tercatat ada beberapa kejadian yang bukan hanya membuat pelaku selfie terluka melainkan juga tewas akibat melakukan selfie yang ekstrem. Jadi selfie tak lagi untuk sekedar menunjukkan diri eksis melainkan juga berani.

Selfie menjadi popular karena selebritas ramai melakukannya. Dan selfie semakin menjadi popular karena para pembesar, tokoh politik juga tak segan melakukannya. Popularitas selfie kemudian menurun dengan munculnya aplikasi Dubsmash. Aplikasi ini memungkinkan pemakainya untuk membuat video selfie dengan efek suara (audio clip) secara lipsync. Aplikasi ini membawa bermacam efek suara mulai dari film, music dan lain sebagainya.

Di layar televisi dalam beberapa acara hasil dari aplikasi mobile ini kerap dipertunjukkan. Banyak artis terutama yang kerap tampil di TV, berusaha eksis dengan memakai aplikasi ini. Aplikasi yang pertama diluncurkan pada November 2014 ini memungkinkan penggunanya meniru suara atau lipsync audio clip dengan cara mereka ekpresi muka. Hasilnya adalah meme video.

Setelah merekam dengan aplikasi ini, video hasilnya bisa disimpan atau bisa juga langsung dipamerkan lewat messenger seperti WhatsApp atau Facebook Messenger. Tapi bisa juga langsung diunggah ke Instagram. Kini di Instagram, pencarian dengan tagar #dubsmash bakal memberi hasil video sebanyak 2 jutaan.

Aplikasi Dubsmash ini dikembangkan oleh pengembang asal Jerman. Mereka adalah Jonas Drupel, Roland Grenke dan Daniel Taschik lewat perusahaan mereka sendiri yang ada di Berlin. Nama produsen yang dipakai untuk aplikasi ini adalah Mobile Motion GmbH. Meski masih menyimpan persoalan soal lisensi klip suara yang dicomot dari klip film, lagu atau konten audio lainnya, namun aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali lewat perangkat iOS maupun Android.

Nah, buat yang pingin eksis abis lewat aplikasi ‘Meme Video’ ini silahkan download dan mulailah berkreasi. Sebagaimana banyak aplikasi lainnya, Dubsmash tidak sulit untuk dikuasai. Tahapan pembuatan ‘Meme Video’ adalah sebagai berikut :

Aktifkan aplikasi Dubsmash, pilih klip audio atau music setelah itu rekam video selfie (record yourself) sambil menirukan suara (lipsync) dari klip audio atau music yang dipilih. Jika belum puas atau pas ulangi terus sampai sempurna. Jika mau bisa ditambahkan efek-efek yang sudah disertakan dalam aplikasi Dubsmash.

Jika video yang dikehendaki sudah selesai dibuat, tinggal share tautannya. Yang paling umum adalah ke Instagram. Namun jika tidak ada klip audio atau music yang cocok, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk merekam suara kita sendiri (records a sound). Suara apa saja bisa direkam asal bisa didekatkan dengan microphone smartphone kita.

Selamat ber-Dubsmash – ria, saya sendiri belum mencobanya.

@yustinus_esha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *