Reportase Kota

“Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.”

(Pasal 28F, UUD 1945 Indonesia, Amandemen ke-2)

Ada banyak berita dan cerita tentang sebuah kota yang hanya tersimpan dalam diri seseorang atau lingkaran terdekatnya. Padahal kota adalah ruang hidup bersama, yang perlu dijaga bersama lewat harapan juga aksi-aksi yang akan menjadikan kota sebagai ruang hidup yang nyaman, aman dan mensejahterakan.

ceritakota.info adalah ruang maya yang dihadirkan dengan maksud untuk mengumpulkan cerita dan berita tentang kota Samarinda yang terserak dalam diri setiap warganya. Ruang yang sederhana, lugas dan apa adanya ini tidak diharapkan menjadi bejana serba ada yang akan menjadi batu penjuru pengetahuan tentang kota Samarinda, melainkan hanya sekedar menjadi saluran agar apa-apa yang dipikirkan, dirasakan, dilihat dan dialami oleh warga kota Samarinda tidak menguap begitu saja.

Ada banyak ruang dalam ceritakota.info yang memungkinkan warga kota Samarinda untuk berbagi berita dan cerita. Ruang menjadi tidak terbatas karena kota selalu berisi beragam orang, profesi, peristiwa, sarana prasarana,komunitas, hobby dan kesenangan, harapan serta cita-cita. Keberagaman ini merupakan sebuah kekayaan yang sayang untuk dibiarkan luruh begitu saja. Keberagaman yang dirangkai dalam ikatan benang merah laksana gado-gado yang akan memperkaya bukan hanya pengetahuan melainkan juga pengalaman kita bersama sebagai warga kota Samarinda.

Perubahan bukanlah wacana, bukan kata benda melainkan kata kerja. Perubahan adalah saat ini, sekarang dan mengajak kita menjadi bagian di dalamnya. ceritakota.info adalah ajakan perubahan yang jelas agar siapa saja bisa melibatkan diri dalam lekuk liku perubahan dengan senjata informasi.

Kisah adalah Kekuatan

Informasi kerap diyakini atau bahkan telah membuktikan dirinya sebagai senjata paling berbahaya sepanjang peradaban manusia. Kita berkali-kali membuktikan bahwa kerusuhan selalu berawal dari ‘bual-bualan’, persis sama yang dikatakan oleh Sun Tzu yang mengatakan “setiap peperangan selalu didasarkan dari bualan demi bualan”. Tak heran jika hendak memperjuangkan sesuatu seseorang maupun kelompok selalu memulai dari mengorganisir informasi.

Hanya saja perlu disadari bahwa informasi tidak secara otomatis akan mengerakkan. Informasi yang disampaikan bisa jadi dianggap tidak menarik, tidak bermakna atau tak menghasilkan impressi apa-apa. Maka menjadi penting untuk mengolah informasi agar menjadi pengetahuan atau bahkan menjadi sebuah kisah yang mengerakkan, berdaya dan memberdayakan.

Untuk menyajikan kisah yang menginspirasi, memotivasi, menambah pengetahuan dan mendorong orang untuk bergerak tentu perlu kepiawaian tertentu. Tapi yakinlah bahwa setiap orang mempunyai pengetahuan dan pengalaman tentang kota yang sekian lama telah ditinggalinya. Yang diperlukan adalah kemauan untuk berbagi perihal apa yang dimiliki dan sedikit kemauan untuk belajar tentang bagaimana menyajikan dalam berbagai bentuk sehingga bermakna dan berguna untuk sesama warga kota lainnya.

Belajar Berkisah

Tim ceritakota.info membuka kesempatan kepada siapapun untuk menjadi bagian dari upaya merangkai berita dan cerita tentang kota Samarinda. Mereka yang telah mempunyai explicit knowledge dalam bentuk tulisan, gambar, suara ataupun video bisa mengirimkan karya atau link-nya ke adefadli[at]gmail.com atau yoesthie.smd[at]gmail.com

Sementara untuk mereka yang ingin berpartisipasi namun perlu untuk memperdalam pengetahuan tentang bagaimana menjadi reporter kota, tim ceritakota.info menyediakan diri untuk berbagi pengetahuan dasar lewat pelatihan reportase kota. Silahkan jika ada kelompok atau komunitas yang terdiri dari 10 – 15 orang dan punya waktu 3 – 4 jam untuk belajar bersama, tim ceritakota.info bersedia untuk memfasilitasinya.

Materi reportase kota dasar yang akan diberikan oleh tim ceritakota.info meliputi :

  1. Dasar penulisan berita
  2. Menulis Feature dan advetorial
  3. Menulis Essay
  4. Mendokumentasikan kisah lewat foto dan video.

 

Kepada yang berminat silahkan menghubungi burhanmuaratelake[at]gmail.com atau asfi.annur[at]ymail.com

 

Inilah saatnya kita melakukan perubahan, bergabunglah dalam reportase kota di ceritakota.info

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *